Mengenal Lebih Dalam Tentang Asal Usul Permainan Sabung Ayam Di Nusantara

Mengetahui asal usul permainan sabung ayam nusantara – permainan sabung ayam ini mempunyai sejarah di Indonesia, dengan berkembangnya jaman maka permainan yang satu ini sudah menjadi permainan yang bisa di anggap sebagai salah satu hobi serta permainan yang sifatnya judi.

Tidak hanya untuk hobi saja namun permainan ayam aduan ini juga sering di jadikan sebagai ajang perjudian dengan nilai kecil maupun besar mencapai puluhan juta rupiah. Karena seringnya di jadikan sebagai ajang perjudian maka sering terjadi juga razia pada saat adanya kegiatan sabung ayam ini, lalu sejarahnya permainan ini di Indonesia seperti apa ?

Sebenarnya permainan adu ayam ini memiliki sejarah yang berbeda – beda di berbagai daerah di Indonesia ini. Berbagai daerah mempunyai sejarahnya bahkan mitos dari permainan ini, ada yang lebih menghebohkan lagi kalau sejak dulu ayam jantan di jadikan sebagai mencari pencaharian uang atau imbalan. Nah dibawah ini ada beberapa daerah yang terkenal dengan sejarah dan mitos dari sabung ayam, antara lain :

  • Pulau Jawa

Dipulau jawa ini sudah tidak heran lagi jika permainan aduayam ini mempunyai sejarah seperti legenda ciung wanara, cinderalas dan masih banyak yang lainnya. Semua itu termasuk dari pulau jawa seperti sunda, jawa timur, jawa tengah.

Di rea sekarang yang sudah modern ini ayam Bangkok di jawa timur bahkan sudah di populerkan sebagai ayam aduan dan kini sudah terkenal di Indonesia.

  • Pulau Sulawesi

Sulawesi sudah terkenal sekali dengan permainan adu ayam ini, bahkan sampai tokoh terkenalnya pun seperti sultan hasanudin diberi gelar oleh pemerintah belanda karena keberaniannya.

  • Kalimantan

Pada pulau borneo ini juga tidak ketinggalan dalam tradisi sabung ayam yang cukup kental dan sudah ada dari jaman dulu. Di Kalimantan ayam jantan bisa di gunakan untuk menyelesaikan perselisihan untuk 2 orang yang sedang bertikai, dari situlah ayam sebagai alat untuk menyeselaikannya dengan cara di adu. Pemenang dari adu ayam tersbut akan memenangkan pertikaian. Darah ayam yang bertumpah di dalam arena di ibaratkan sebagai dara 2 orang yang sedang bertikai itu.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s